Tips Ringan Buat Anda Yang Bekerja Dari Rumah

- 6:29 AM
advertise here
advertise here

Blogimodo - Di zaman modern ini, sebuah pekerjaan dapat dilakukan dari mana saja. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi, serta banyaknya bermunculan macam pekerjaan baru yang membutuhkan ketrampilan. Ya, kali ini kita akan membahas seputar tips untuk memaksimalkan potensi kerja bagi Anda yang "berkantor" di rumah.
Pekerjaan semacam ini biasanya dilakukan oleh mereka yang bekerja sebagai pekerja freelance atau pekerja lepas yang contohnya antara lain sebagai layanan jasa desain, arsitek, penulis, dan bahkan juga seorang Blogger. Yups, bagi Anda yang berprofesi seperti yang telah dijelaskan di atas, mungkin beberapa tips berikut bisa membantu memaksimalkan kinerja Anda untuk pastinya mendapatkan hasil yang lebih memuaskan kedepannya.
Tentukan Ruang Kerja Anda
Menentukan ruangan khusus untuk Anda bekerja di rumah adalah langkah awal yang patut dicoba. Hal ini akan sangat bermanfaat meningkatkan fokus dan mood Anda dalam bekerja nantinya. Pilihlah tempat yang nyaman atau yang menurut Anda paling sesuai dengan keinginan. Bisa di dalam ruangan maupun di luar ruangan seperti teras maupun balkon. Intinya, dimanapun tempat yang Anda pilih, pastikan itu adalah tempat terbaik yang membuat Anda nyaman berkerja.

Percantik Ruangan Kerja Anda
Selain memilih tempat untuk Anda bekerja, akan lebih baik jika Anda sedikit mempercantik ruangan tempat Anda kerja. Meski terlihat sepele, trik ini ternyata cukup membantu untuk mempertahankan kesegaran pikiran dan mood lebih lama dalam bekerja. Bayangkan saja jika tempat Anda bekerja terlihat monoton atau bahkan berantakan, dalam jangka waktu tertentu hal ini akan mendorong timbulnya rasa bosan bahkan stres lebih cepat.
Kenali Frekuensi atau Ritme Kerja
Tips satu ini berguna untuk lebih mengoptimalkan aktifitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Coba kenali ritme kerja Anda untuk mengetahui diwaktu kapan saja Anda lebih fokus dan nyaman untuk bekerja. Tujuannya agar Anda tidak membuang-buang waktu untuk bekerja dalam keadaan yang kurang fokus atau bad mood. Dengan cara ini maka Anda dapat lebih efektif untuk memprioritaskan mana aktifitas yang terlebih dahulu akan Anda kerjakan antara pekerjaan Anda dengan kegiatan lainnya di rumah.
Atur Waktu Potensial Kerja Anda
Pengaturan waktu sangat penting, agar tidak mengganggu aktifitas Anda lainnya di rumah. Dengan begitu Anda dapat lebih tenang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Hal ini juga bermanfaat bagi Anda yang memiliki tipe pekerjaan misalnya per proyek, yang tentunya tidak memiliki batasan tertentu antara masa pengerjaan hingga jatuh tempo penyerahan hasil kerja dan jumlah pekerjaan yang ingin atau bisa diselesaikan dalam satu waktu kerja per harinya. Dengan kata lain jika Anda bisa mengatur waktu kerja dengan baik, tidak menutup kemungkinan Anda dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih baik dan cepat.
Gunakanlah Pakaian Yang Rapi
Mungkin sebagian dari Anda akan merasa aneh dengan poin yang satu ini. Namun tips untuk berpakaian yang rapi saat bekerja di rumah cukup bisa memberikan efek positif bagi aktifitas kerja Anda. Hal ini berhubungan erat dengan masalah psikologi saat bekerja. Coba saja Anda bandingkan jika Anda bekerja di rumah masih menggunakan piyama dibanding dengan pakaian casual yang nyaman. Pasti akan berbeda rasanya. Anda akan lebih merasa segar, produktif dan bersemangat dalam melakukan aktifitas kerja di rumah dengan menggunakan pakaian yang rapi tentunya.
Membiasakan Diri Menggunakan Berbagai Alat Komunikasi
Jika memang Anda serius untuk menjadi pekerja rumahan, mulailah membiasakan diri untuk menggunakan lebih dari satu macam alat atau sarana berkomunikasi. Yang selama ini Anda mungkin hanya menggunakan ponsel saat berkomunikasi, maka kini paling tidak Anda harus mempersiapkan sarana lain berupa telepon rumah, media berupa messenger, email, dan bahkan Skype ( komunikasi via webcam ). Hal ini penting, mengingat klien Anda bisa berasal dari berbagai kalangan dengan kebiasaan penggunaan alat telekomunikasi yang biasanya berbeda satu sama lain.
Luangkan Waktu Untuk Istirahat
Yang dimaksud waktu istirahat disini berbeda dengan poin pengaturan waktu kerja di atas tadi. Pada poin ini lebih ditujukan pada saat dimana pekerjaan sedang berlangsung.
Seperti contoh jika Anda bekerja menggunakan komputer, usahakan meluangkan waktu untuk istirahat sejenak. Mata Anda butuh istirahat dari melihat layar komputer terus menerus, caranya bisa dengan sejenak memandang ke objek yang lebih luas dan jauh serta melakukan senam mata ringan. Senam mata ini cukup mudah, gerakkan bola mata ke kanan-kiri, atas-bawah, maupun gerakan memutar. Nah, setelah itu silahkan lanjutkan aktifitas kerja Anda.
Luangkan Waktu Untuk Bersosialisasi
Setelah semua poin di atas tadi, ada baiknya juga jika Anda meluangkan waktu untuk bersosialisasi. Baik itu dengan keluarga, orang sekitar, atau dengan komunitas Anda. Karena biasanya ide atau inspirasi bisa Anda dapat dari aktifitas yang satu ini. Lagipula bersosialisasi dengan orang lain adalah memang sudah menjadi kodrat serta kebutuhan dasar tiap manusia.
Pada intinya Anda akan tetap bisa menjalani rutinitas pekerjaan Anda baik itu di kantor ataupun di rumah jika Anda bisa pandai mengatur waktu dan memanfaatkan segala hal yang ada disekitar Anda dengan baik. Sekian dulu info seputar tips jitu bagi Anda yang "berkantor" di rumah. Semoga bermanfaat dan memperoleh hasil kerja yang memuaskan.
Advertisement
This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search