Cara Membuat Anchor Text Blog

- 2:33 AM
advertise here
advertise here

Blogimodo - Banyak cara agar blog kita semakin SEO Friendly guna meningkatkan jumlah pengunjung. Salah satunya adalah dengan membuat Anchor Text. Namun sebelum mengulasnya lebih dalam, kita perlu mengetahui apa itu Anchor Text... Secara singkat Anchor Text adalah barisan teks yang digunakan pada sebuah link dan biasanya digunakan sebagai backlink. Contohnya jika Anda memasang sebuah backlink pada website lain dengan tulisan "LIHAT DISINI" yang jika diklik akan menuju ke website/blog Anda, teks "LIHAT DISINI" itulah yang bernama Anchor Text. Jika Anda sudah mengerti, sekarang kita lanjut mengenai bagaimana cara membuat anchor text yang SEO Friendly. Berikut ini penjelasannya :

Anchor Text yang berasal dari kata "anchor" yang berarti jangkar dan "text" yang berarti kata, akan menghasilkan pengertian bahwa Anchor Text adalah sebuah rangkaian kata yang fungsinya mirip dengan jangkar pada sebuah kapal, yaitu sebagai alat pengait. Demikian juga Anchor Text berguna untuk mengaitkan algoritma pencarian mesin pencari terhadap kalimat yang Anda gunakan sebagai backlink nantinya.

Secara umum perintah pembuatan anchor text pada sebuah link adalah dalam bentuk kode html yang contohnya adalah sebagai berikut :
a. Contoh link nofollow :

<a href='url yang dituju' title='title link' rel='nofollow'> ini anchor text </a>

Penerapan :
<a href='http://blogimodo.blogspot.com' title='backlink seo' rel='nofollow'>bikin backlink seo</a>

Link diatas akan menampilkan anchor text yang bertuliskan : bikin backlink seo, bersifat nofollow.
Ketika tulisan tersebut disorot menggunakan mouse, akan muncul title link berupa (tool tips) dengan tulisan 'backlink seo'.
Kata tersebut jika kita klik akan menuju halaman 'http://blogimodo.blogspot.com' tadi.

b. Contoh link dofollow :

<a href='url yang dituju' title='ini untuk title' > contoh anchor text </a>

Penerapan :
<a href='http://blogimodo.blogspot.com' title='belajar blogging'>blogging dan bisnis</a>

Link diatas akan menghasilkan anchor text bertuliskan blogging dan bisnis, bersifat dofollow.
Dan jika kita sorot menggunakan mouse akan muncul title link berupa (tool tips) dengan tulisan 'belajar blogging'.
Jika kita klik akan menuju
halaman 'http://blogimodo.blogspot.com' tadi.

Jadi bisa dilihat bahwa kita dapat menggunakan sifat antara dofollow atau nofollow dengan menambahkan kode 'rel=nofollow' untuk link nofollow dan dofollow tanpa memakai kode 'rel'.
Lalu bagaimana cara membuat anchor text berkualitas yang pastinya SEO friendly??
Silahkan dilanjut membacanya...

Cara Membuat Anchor Text Berkualitas
Perlu diketahui terlebih dahulu jika dalam beberapa tahun terakhir standar SEO sudah banyak mengalami perubahan. Salah satu contoh adalah algoritma pencarian dari Google dengan nama Google Penguin.
Sehingga kita perlu memperhatikan tentang cara membuat backlink yang SEO. Salah satu contoh backlink yang sekarang tidak efektif lagi atau salah adalah masih adanya beberapa pemilik blog yang hanya menggunakan kata semisal 'klik disini', 'lihat disini', atau kata lain yang tidak menunjukkan topik tujuan dari link tersebut. Sebenarnya tidak ada salahnya membuat link semacam itu, dengan catatan pada kode HTML linknya dibubuhi kode 'title=KATA KUNCI YANG MEWAKILI TOPIK URL YANG DITUJU'. Namun tetap akan lebih baik jika Anda membuat anchor text dengan kata atau.kalimat yang sesuai dengan topik url yang dituju.
Contohnya adalah seperti pada contoh link di atas tadi. Atau jika masih bingung dengan penjelasan saya, silahkan lihat penjelasan berikut ini,

Contoh Salah :

<a href='url yang dituju' rel='nofollow'>Klik Disini</a>

Link di atas akan lebih baik jika :
<a href='url yang dituju' rel='nofollow' title='kata kunci target'>Klik Disini</a>

Dengan penambahan kode 'title', maka akan membantu algoritma mesin pencari untuk mengcrawl kata kunci target.

ATAU

Contoh Benar :

<a href='url yang dituju' rel='dofollow'>Kata kunci yang dituju</a>

Penerapan :
<a href='http://blogimodo.blogspot.com' rel='nofollow' title='belajar blogging'>Belajar Blogging dan Bisnis</a>

Kata kunci atau kalimat "Belajar Blogging dan Bisnis" inilah yang akan memudahkan mesin pencari untuk melacak dan menemukan kata kunci dari link yang dituju.

Kiranya sekian dulu tulisan saya tentang cara membuat anchor text berkualitas SEO ini. Setelah Anda mengetahuinya, semoga kedepannya sedikit ilmu ini bisa membantu blog milik Anda menjadi sebuah blog yang lebih berkualitas. Yaitu dengan melalui metode anchor text yang berkualitas untuk membangun sebuah backlink yang lebih SEO friendly. Efeknya adalah tidak menutup kemungkinan jika anchor text yang berupa link tersebut akan membantu url yang dituju tadi masuk di jajaran tetatas SERP mesin pencari seperti Google dsb.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search