Inilah Yang Membuat Blog Anda Menarik Bagi Pengiklan

- 6:54 PM
advertise here
advertise here
Blogimodo -
Apa yang Anda pikirkan saat pertama kali membuat blog? Apakah sekedar iseng, ikut-ikutan, hobi, atau tujuan lain seperti berjualan maupun berpromosi... Apapun alasannya, blog memang telah berhasil menjadi sebuah sarana media informasi internet yang memiliki daya tarik tersendiri bagi netizen selain media sosial.  Dari sebuah blog pula, banyak kisah sukses dan inspiratif bermunculan. Ya... Memang bukan lagi hal baru jika dari sebuah blog bisa menjadi sebuah ladang uang yang potensial. Hanya saja perlu adanya trik khusus agar sebuah blog atau website bisa menghasilkan uang bagi si pemiliknya, salah satunya dengan periklanan. Khusus untuk periklanan ini ada beberapa hal yang bisa menjadi fokus utama agar blog yang Anda buat dapat menarik minat para pengiklan atau yang biasa disebut advertiser.
Lalu apa saja hal yang membuat pengiklan tertarik memasang iklan di blog Anda dan bagaimana cara agar blog dapat menarik minat pengiklan hingga dapat menghasilkan pundi-pundi uang? Simak penjelasannya berikut ini :
Trafik Tinggi
Sudah barang tentu sebagai pemilik blog, Anda sangat mendambakan adanya trafik yang tinggi dari pengunjung. Hal inilah yang menjadi tolak ukur para pengiklan untuk berani memasang iklan pada sebuah blog atau website. Ibarat kata jika di dunia pertelevisian kita pernah mendengar sebuah istilah yang disebut 'rating'. Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin banyak pula pengiklan yang berminat memasang iklan di acara tersebut. Begitu pula dengan blog atau website. Lalu bagaimana caranya agar pengiklan dapat mengetahui trafik dari blog Anda...?
Anda dapat memasang widget trafik dari berbagai website terkemuka berikut ini :
1. Alexa Rank : Untuk data peringkat blog Anda secara nasional maupun internasional.
2. Google Analytics : Penampil data kunjungan ke blog Anda dalam satu tahun, bulan bahkan perhari dari Google.
Kedua standart itulah yang masih menjadi tolak ukur utama bagi para pengiklan untuk menilai dan mempertimbangkan kelayakan sebuah blog atau website sebagai media untuk berpromosi hingga saat ini.
Memiliki Banyak Follower
Yang dimaksud di sini adalah orang / pembaca yang mengikuti blog Anda dari berbagai media semisal Facebook, Twitter, Google+ dsb. Karena semakin banyak pengikut yang ada pada sebuah blog, maka akan memberi potensi atau peluang lebih besar untuk datangnya pengunjung ke blog tersebut. Karena pengikut di sini bisa diartikan juga sebagai pelanggan.
Konten Blog
Isi dari blog juga menjadi poin penting yang dilihat. Kualitas artikel yang dibawakan dapat mempengaruhi penilaian dari si pemasang iklan. Jadi cobalah untuk mengisi blog Anda dengan postingan-postingan yang berkualitas dan tentunya bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, postingan yang unik dan menarik dan pastinya banyak dicari orang di internet juga menjadi salah satu bahan pertimbangan oleh mereka. Selain faktor kesamaan kategori antara isi blog Anda dengan produk/jasa yang diiklankan.
Adanya Fitur Layanan Periklanan
Jika trafik blog Anda dirasa sudah cukup, fasilitas yang satu ini sudah pasti adalah hal utama yang harus Anda buat. Fitur periklanan yang saya maksud diantaranya :
Slot iklan » tempat dimana iklan akan dipasang. Biasanya berada di area judul blog/header, sidebar, area atas/bawah postingan, dan kolom footer.
Halaman pemasangan iklan » Ini adalah halaman yang Anda buat khusus yang berisi penjelasan target kategori iklan, keuntungan jika memasang iklan di blog Anda, tata cara pemasangan iklan, penjelasan harga ( biasanya bisa melalui negosiasi langsung via kontak ), sarana pembayaran dan persyaratan.

contoh form
Kolom pendaftaran » bagi sebagian pemilik blog, biasanya telah melengkapi blognya dengan form pengisian data pengiklan yang biasanya langsung tertuju pada email mereka ( admin ). Namun bagi Anda yang tidak menggunakan form semacam ini, bisa digantikan dengan layanan kontak langsung seperti email, no Hp dsb.
Fitur Kontak » Jangan lupa buatlah laman khusus untuk kontak. Halaman ini biasanya sudah terlebih dahulu kita buat saat pertama kali membuat blog. Karena menjadi salah satu trik agar blog lebih SEO friendly. Namun tidak ada salahnya jika Anda cek kembali perihal kelengkapannya mengenai keperluan pemasangan iklan. Bisa juga Anda membuatnya dengan menyematkan pada tempat yang mudah terlihat seperti pada bagian sidebar.
Mungkin cukup sekian dulu uraian singkat saya mengenai hal yang dapat membuat blog Anda menarik minat pengiklan. Semoga sedikit uraian saya di atas tadi dapat membantu Anda yang berniat memaksimalkan blog untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui periklanan.
Semoga bermanfaat...
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search