Kumpulan Website Pendukung Aktivitas Blogging

- 9:55 PM
advertise here
advertise here

Blogimodo - Pada dasarnya dalam mengelola sebuah blog, berbagai fitur pendukung telah disediakan oleh masing-masing situs layanan tersebut. Namun terkadang ada kalanya seorang blogger ( baca : para pemilik blog ) memerlukan beberapa alat yang dibutuhkan untuk mengelola blognya, yang mungkin tidak terdapat pada dasbor kelola. Salah satunya alat untuk screen shots halaman, SEO dsb. Dan kali ini saya akan membagikan beberapa situs yang mungkin bisa Anda jadikan referensi dalam membantu Anda untuk mengelola blog agar lebih maksimal.

Penyedia Domain
Situs web yang diperlukan jika Anda ingin menggunakan domain dengan nama sendiri ( tanpa sub domain ). Jadi tanpa embel-embel nama domain dimana blog Anda bernaung, semisal di Blogspot atau Wordpress. Contoh : NAMA.com, NAMA.net dsb
Link :
www.domainesia.com
www.cloudkilat.com

Penyedia Hosting
Situs yang menyediakan layanan hosting untuk blog Anda. Ibarat kata adalah rumah bagi blog itu sendiri.
Link :
www.hawkhost.com
www.cloudkilat.com

Konverter File
Situs ini adalah situs yang menyediakan layanan untuk mengkonvert sebuah file baik berupa file teks, gambar, maupun video secara online. Mengkonvert di sini artinya yaitu merubah format sebuah file, contoh : jika anda ingin merubah format sebuah gambar dari .png menjadi jpg dsb. Situs ini bisa dibilang cukup lengkap dan mudah untuk digunakan. Caranya adalah dengan mengupload atau mengetik url file yang akan di convert pada kolom yang tersedia, tiap jenis file akan berbeda pada form yang perlu diisi. Untuk lebih jelas, silahkan Anda masuk ke situsnya di bawah ini,
Link : www.online-convert.com

Mengambil Screeshots Website/Blog
Situs ini berfungsi untuk mengambil tampilan sebuah halaman website atau blog menjadi sebuah format gambar berupa jpg maupun png secara online. Anda bisa menggunakan alat ini jika blog Anda memiliki konten dengan kategori review web/blog yang biasanya memerlukan gambar pendukung untuk web/blog yang dibahas. Caranya cukup mudah karena Anda hanya diminta memasukkan alamat web/blog yang ingin diambil gambarnya.
Link :
www.url2png.com (full view)
www.shrinktheweb.com
www.site2pic.com

Cek Responsif Website/Blog
Kalau yang satu ini fungsinya adalah untuk melihat penampakan responsif sebuah desain web/blog. Situs ini akan menampilkan tampilan sebuah web/blog dilihat dari beberapa perangkat sekaligus mulai dari tampilan pada smartphone, phablet, tablet, hingga komputer. Tampilan-tampilan tersebut diperlihatkan di dalam sebuah frame. Ini cocok bagi Anda yang sedang membuat desain template sebuah web/blog yang responsif agar mendapatkan desain dan pengaturan yang diinginkan.
Link :
www.my.weblogtemplates.net/responsive/check.php
www.responsinator.com

Cek Stats Website/Blog
Situs ini adalah sebuah situs yang dapat membantu Anda mengetahui data statistik dari sebuah web/blog. Sangat lengkap dalam menampilkan data statistik diantaranya jumlah kunjungan, pagerank, alexarank, SEO, bahkan data domain dan hosting. Caranya yaitu hanya dengan memasukkan alamat web/blog yang ingin di lihat data statistiknya, lalu klik Analyz. Situs ini juga menampilkan screenshots web/blog yang sedang di cek statistiknya.
Link : www.statscrop.com

Cek Tingkat SEO Blog
Bagi Anda yang ingin melihat tingkat SEO blog, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi situs yang menyediakan layanan cek SEO blog. Salah satunya adalah CHKME.com yang memberi info dan tips SEO blog atau website. Anda hanya perlu memasukkan alamat blog atau website lalu klik submit. Pada halaman hasil nanti Anda akan mendapatkan presentase tingkat SEO dari blog yang Anda miliki. Lengkap dengan tips untuk memaksimalkan presentase SEO blog Anda jika belum mencapai 100%.
Link : www.chkme.com

Cek Validitas HTML Website/Blog
Situs ini berfungsi untuk memvalidasi bahasa pemrograman dari sebuah web/blog. Dengan situs ini Anda bisa mengecek validitas dari bahasa pemrograman semisal kode HTML, XML dsb. Sebenarnya hal ini tidak berpengaruh pada SEO web/blog. Namun paling tidak dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat mengetahui letak error yang terdapat pada susunan HTML web/blog Anda.
Link : www.validator.w3.org

Submit Directory
Ini adalah layanan untuk Anda mensubmit web/blog Anda agar masuk dalam daftar direktori mereka. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan web/blog Anda lebih luas, yang salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan jumlah visitor. Di bawah ini saya akan membagikan beberapa situs submit directory yang memiliki pagerank 7 hingga 5 :

( Pagerank 7 )
www.dmoz.org/
www.sitepromotiondirectory.com/www.abc-directory.com/
www.highrankdirectory.com/

( Pagerank 6 )
www.siteswebdirectory.com/
www.submissionwebdirectory.com/
www.usgeo.org/
www.marketinginternetdirectory.com/
www.dizila.com/
www.hotvsnot.com/
www.usalistingdirectory.com/
www.ukinternetdirectory.net/
www.promotebusinessdirectory.com/
www.gmawebdirectory.com/

( Pagerank 5 )
www.bloglog.com/www.addurl.nu/
www.hdvconnect.com/
www.somuch.com/www.01webdirectory.com/
www.obln.org/
www.londinium.com/www.rapidenetwork.eu/
www.ellysdirectory.com/
www.thecgisite.com/
www.splut.com/
www.mygreencorner.com/
www.bhanvad.com/

Sebenarnya masih banyak lagi situs-situs yang diperlukan demi membantu dalam aktivitas blogging guna mengoptimalkan kualitas blog. Nanti akan saya share lagi dalam postingan lainnya. Paling tidak, beberapa website di atas mungkin dapat membantu Anda semua untuk dapat mengoptimalkan sumber daya dari blog yang Anda miliki.

Semoga Bermanfaat...

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search