Sekilas Tentang Wikihow, Situs Berbagi Cara dan Pedoman

- 10:49 PM
advertise here
advertise here

Blogimodo - Pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk menulis sebuah review dari salah satu dari sekian banyak website informasi favorit saya. Mungkin sebagian besar dari sobat Anda sudah pernah mendengarnya atau bahkan menjadi pengunjung tetapnya. Situs yang akan saya bahas kali ini bernama Wikihow. Bagaimana... ngga asing lagi nama situs ini kan??? Yups... tidak ada salahnya jika kali ini saya coba mengulas tentang website yang satu ini, maklum hobi admin juga menulis review tentang subjek atau objek yang menarik. Oke langsung aja lanjut....

Website yang beralamat di www.wikihow.com ini secara garis besar adalah sebuah situs yang berisi kumpulan cara dan tutorial bermanfaat dari berbagai kategori. Dilihat dari namanya saja sudah terlihat arti dan konten dari situs tersebut, yaitu adanya kata "how" yang berarti "bagaimana". Begitu juga dengan deskripsi website yang berbunyi "How to do anything". Situs ini mirip dengan Wikipedia yang selama ini kita kenal. Bedanya bisa dilihat dari konten. Jika Wikipedia berisi artikel tentang banyak hal di dunia semisal biografi, sejarah, dan informasi lainnya secara umum, di Wikihow menitik beratkan pada konten yang keseluruhannya berisi tips-tips maupun tutorial cara dari berbagai kategori. Menurut Wikipedia, isi situs web Wikihow ini adalah berupa pangkalan data pedoman dan cara. Perlu diketahui bahwa semua isi dari situs web ini berlisensi di bawah Creative Commons dan telah menggunakan sebuah versi program Media Wiki 1.9.3 yang telah dimodifikasi.

Sejarah
Awal mula Wikihow ini adalah berasal dari sebuah ekstensi dari sebuah website utamanya yaitu eHow. Seiring perkembangannya, kini Wikihow telah menjadi sebuah situs mandiri yang berisi lebih dari 23.000 artikel tentang pedoman dan cara. Didirikan pada Januari 2005 oleh dua orang kreatif bernama Jack Herrick dan Josh Hannah. Mereka membuat sebuah proyek kolaboratif dengan mencoba membangun sebuah pangkalan data yang berisi tentang "pedoman dan cara" yang terbesar di dunia. Pada saat itu proyek ini bernama eHow. Pada tanggal 28 April 2006, eHow dijual yang kemudian diluncurkannya WikiHow sebagai sebuah situs mandiri dengan alamat domain di www.wikihow.com.

Konten dan Penulis
Kemiripan dengan Wikipedia adalah bahwa Wikihow ini merupakan sebuah situs web yang bisa disunting oleh siapa saja. WikiHow beroperasi menggunakan software yang bersifat open source dan dengan model open content, hal inilah yang membuat Wikihow memperbolehkan penggunanya untuk secara bebas menggunakan dan memiliki konten. Dengan kata lain, semua pengunjung WikiHow bisa membuat sebuah halaman baru dan menulis berbagai artikel tentang tutorial cara dan bagaimana melakukan sesuatu.

Semua artikel yang ditaruh di WikiHow mengikuti sebuah format standar tertentu sebagai dasar pedoman penulisan, yaitu ringkasan dan diikuti dengan panduan langkah per langkah untuk menyelesaikan suatu aktivitas tertentu, saran, dan terkadang disertai pula dengan pranala ke artikel "pedoman dan cara" lainnya yang terkait. "Mirip dengan Wikipedia kan..."

Uniknya jika sebuah artikel sudah selesai ditulis, maka pengunjung lain bisa menyunting, atau mengubah halaman tersebut. Meskipun begitu, artikel yang termuat di Wikihow akan terjaga kualitasnya. Hal ini dikarenakan para kontributor anonym dan pengguna komunitas pada wikiHow bekerja sama untuk memperbaiki kualitas informasi yang ada pada situs ini, memperbaiki atau menghilangkan instruksi yang tidak benar dan menghapus berbagai hal yang tidak termasuk dalam pedoman dan ketentuan dasar dari sebuah penulisan seperti rasisme, provokasi negatif, maupun vandalisme.

Detail Web
Pagerank : wikihow pagerank
Alexa Rank : Global #177 ; USA #118 ( update )
More Detail : Lihat Di Sini

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search