iBlogMarket, Startup Untuk Cari Uang Lewat Blog

- 10:37 PM
advertise here
advertise here

Blogimodo - Sebuah startup dengan ide yang inovatif kembali muncul di tahun 2015 ini. iBlogMarket adalah sebuah startup berbasis internet yang didirikan sejak September 2014, dan resmi berjalan pada awal Januari 2015. CEO iBlogMarket bernama Dyah Eka Hidayati. Sosok yang telah berpengalaman dalam dunia network marketing ini berhasil mendirikan sebuah startup inovatif yang ditujukan sebagai sarana penghubung antara pihak vendor dengan penulis konten atau blogger.

Dia mengatakan bahwa alasan ia memulai bisnis ini karena melihat banyaknya kesulitan yang dimiliki oleh para vendor kenalannya untuk menemukan penulis konten dan blogger. Dengan dibuatnya website ini ia memiliki tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan vendor dalam usaha menambah konten beriklan di blog yang dibutuhkan dengan cara yang berbeda. Dengan kata lain tujuan dibuatnya iBlogMarket ini adalah untuk mempermudah para vendor dan blogger (pemilik blog) agar dapat memilih iklan atau konten sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Hingga saat ini tim iBlogMarket
baru berjumlah lima orang. Tiga orang sebagai Founder diantaranya Dyah, Harimurti Restadyanov, dan Niko Hidayat. Sedangkan dua orang lainnya adalah teknisi pemrograman dan
admin.

Awal Beroperasi
Empat bulan beroperasi, iBlogMarket telah berhasil monetisasi. Pada awalnya, Dyah dan kedua rekannya memulai startup ini secara bootstrap, yaitu dengan biaya sendiri tanpa pendanaan. Mereka mengeluarkan dana sekitar Rp. 500 juta untuk pengembangan platform. Namun dengan berbekal jaringan dengan para vendor yang telah dikenal sebelumnya, mereka berhasil melakukan monetisasi dalam empat bulan beroperasi. Dalam jangka waktu empat bulan itu mereka berhasil mendapatkan monetisasi pada kisaran angka ratusan USD.

Tentang Layanan
Beberapa layanan yang disediakan oleh iBlogMarket dibagi dalam beberapa kategori yang diantaranya adalah pada kategori blog bagi member dibagi menjadi dua yakni regular dengan kurang dari 50.000 pageview perbulan dan premium dengan lebih dari 50.000 pageview perbulan. Sedangkan bagi para vendor akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 2 juta untuk konten di blog yang diinginkan dan dapat diatur sesuai dengan permintaan. Dari biaya inilah pihak iBlogMarket mengambil bagian, yaitu sekitar 20 hingga 30 persen dari total transaksi.

Vendor Klien
Dalam empat bulan beroperasi ini, iBlogMarket sudah memiliki beberapa klien ( vendor ). Diantaranya seperti Samsung, Baidu, dan juga Caffela Latte milik Indofood. Dan akan terus bertambah kedepannya. Terkait rencana investasi, iBlogMarket baru akan melakukan pendekatan pada investor di kuartal ketiga 2015 nanti. Menurut Dyah, alasannya adalah dikarenakan saat ini mereka belum menyusun ketentuan yang ditujukan bagi pihak yang akan menanamkan modalnya kepada startup rintisannya ini. Masih banyak 'pekerjaan rumah' yang harus dilakukan untuk menyempurnakan platform ini.

Strategi dan Rencana
Pada saat ini, mereka sedang merumuskan rencana dan strategi kedepannya dalam upaya pengembangan platform, maupun untuk menghadapi kompetitornya. Satu-satunya yang menjadi kompetitor utamanya saat ini adalah sebuah platform serupa besutan Kukuh TW yang telah lebih dulu hadir, yaitu IDBlogNetwork. Startup garapan
Kukuh TW ini telah berhasil menerima investasi seri A dari Angel Unvestor beberapa waktu lalu.

Namun ia tetap yakin jika iBlogMarket mampu bersaing dari rival utamanya itu. Menurutnya, "Perbedaan iBlogMarket dengan kompetitor seperti IDBlogNetwork terletak pada integritas sistem yang sudah dimiliki. iBlogMarket mampu memberikan kemudahan bagi para vendor dan blogger untuk berinteraksi layaknya berbelanja online. Pilih pembayaran sesuai keinginan dan mendapatkan barang yang diinginkan,” tuturnya.

Untuk saat ini mereka fokus dalam upaya pengenalan pasar. Selain itu, target mereka saat ini adalah untuk memiliki lebih dari 1.000 blogger dan ribuan penulis hingga akhir 2015. Sebagai catatan, hingga bulan April 2015 iBlogMarket baru memiliki sekitar 179 blogger lebih. Angka ini masih jauh jika dibandingkan jumlah blogger yang dimiliki oleh IDBlogNetwork yaitu lebih dari 16.000 blogger.

Advertisement
 

Start typing and press Enter to search