Cara Membuat Backlink SEO dan Berkualitas

- 9:38 AM
advertise here
advertise here

Blogimodo - Bagi para pemilik blog, backlink adalah salah satu poin penting yang diperlukan untuk meningkatkan potensi dan jumlah kunjungan sebuah blog. Anggap saja dengan membangun sebuah backlink berarti Anda sedang membangun sebuah pintasan khusus ke blog Anda dari berbagai situs/sumber lain yang lebih potensial. Hal ini tentunya makin memperkuat eksistensi blog yang pada akhirnya berpotensi meningkatkan jumlah pengunjung blog milik Anda tersebut. Lalu bagaimana cara membangun backlink yang aman dan potensial ?
Silahkan disimak ulasan berikut ini :

Membangun Backlink Dari Situs Jejaring Sosial

Cara ini adalah salah satu rekomendasi terpenting jika Anda berencana membangun sebuah backlink. Kebanyakan situs jejaring sosial merupakan situs besar dengan peringkat dan kunjungan tertinggi di seluruh dunia semisal Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dsb. Sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk membuat sebuah backlink dari beberapa jejaring sosial di atas. Entah itu dari akun Anda sendiri maupun dari akun milik teman Anda melalui fitur berbagi.

Membangun Backlink Dari Forum Online

Membangun backlink di forum online juga sangat baik untuk perkembangan blog Anda kedepannya. Karena pada situs forum semacam ini pengunjung akan lebih potensial karena lebih fokus terhadap topik blog milik Anda. Ada banyak forum online lokal yang pastinya akan lebih mudah bagi Anda dalam mengatur thread atau topik yang Anda gunakan untuk membangun backlink. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan bahasa yang support Bahasa Indonesia.
Beberapa situs forum online lokal yang dapat Anda gunakan, diantaranya :
1. kaskus.co.id
2. forum.detik.com
3. forum.tribunnews.com/forum.php
4. forum.viva.co.id
5. forum.antaranews.com
6. forum.inilah.com/forum.php
7. warungkopi.okezone.com/home
8. forum.kompas.com
9. forum.republika.co.id/forum.php
10. forum.inilah.com/forum.php

Terapkan Anchor Text

Anchor text adalah teks yang berupa sebuah link, yang fungsi utamanya adalah sebagai penghubung. Biasanya terdapat pada sebuah artikel yang tujuannya menghubungkan pembaca dengan link artikel lainnya yang terkait. Agar lebih maksimal, gunakanlah anchor text yang bervariasi.


Hal ini berguna agar backlink yang Anda buat terlihat lebih natural dimata mesin pencari. Bangunlah backlink bukan hanya ke homepage blog saja, tetapi buatlah juga backlink yang menuju ke artikel.

Bangunlah Backlink Dengan Penempatan Yang Tepat

Salah satu cara mengoptimalkan backlink adalah dengan memperhatikan penempatan yang bervariasi, namun untuk membangun backlink sebaiknya kita letakan juga backlink di
beberapa lokasi yang berbeda. Diantaranya adalah di bagian footer, sidebar dan juga di dalam komentar. Dan perlu diingat untuk membangun backlink akan lebih baik jika datang dari situs-situs dengan niche yang relevan dengan blog yang kita miliki.

Membangun Backlink Dofollow dan Nofollow

Perlu Anda ketahui bahwa dalam membuat Backlink, tidak hanya tertuju pada situs-situs dofollow saja. Imbangi juga dengan membangun backlink dari situs-situs nofollow juga. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan blog Anda menjadi blog spam dimata mesin pencari semisal Google. Cara ini akan membuat backlink yang Anda bangun terlihat lebih natural.

Membangun Backlink Dengan Kuantitas Yang Wajar

Dalam membangun backlink dari sebuah artikel usahakanlah memperhatikan kuantitas backlink yang dibuat. Maksudnya disini adalah jangan terlalu banyak membuat backlink dalam jangka waktu yang terlalu cepat. Hal ini juga menyebabkan blog dianggap sebagai blog spam oleh Google nantinya. Kuantitas yang baik dalam pembuatan backlink adalah antara 8-10 backlink tiap artikel per bulan. Sedangkan untuk blog yang berumur 6 bulan lebih akan lebih baik jika backlink terbentuk dengan sendirinya alias hentikanlah membuat backlink secara manual. Oleh karena itu hindari juga menggunakan tool backlink otomatis.

Membangun Backlink Pada Situs Otoritas

Bangunlah backlink pada situs-situs yang memiliki otoritas baik, terutama dimata mesin pencari. Jadi sebaiknya anda pandai dalam memilih situs-situs populer yang memiliki otoritas baik di mata mesin pencari. Jangan memasang backlink pada situs-situs dengan topik yang diindikasi mengandung konten seperti konten dewasa, gambling, malware dsb. Google sangat tidak menyukai situs-situs dengan konten seperti itu, sehingga akan berdampak buruk bagi blog Anda kedepannya.

Membangun Backlink di Situs Social Bookmark

Bangun backlink di situs social bookmark adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam upaya meningkatkan pengunjung blog. Dari situs social bookmarking inilah Anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas karena Backlink dari situs social bookmark tergolong sebagai tipe backlink yang sifatnya satu arah atau bukan reciprocal
link.

Membangun Backlink Dari Situs Article Directory

Anda juga bisa membangun backlink berkualitas menggunakan layanan dari situs article directory. Sebagai contoh adalah dengan mendaftar pada situs ezinearticles.com, dan juga beberapa situs article directory populer lainnya.

Membangun Backlink Dari RSS Directory

Mendapatkan backlink dari RSS directory termasuk adalah salah satu cara membangun backlink berkualitas dengan mudah. Namun berhati-hatilah karena sebagian besar dari situs RSS directory ini mewajibkan membernya untuk memasang reciprocal link. Jadi carilah daftar situs RSS directory dimana tidak mengharuskan membernya memasang reciprocal link. Fungsinya agar backlink yang didapat bersifat satu arah yang pastinya merupakan backlink berkualitas.


Sekian dulu ulasan tentang cara membuat backlink yang aman dan berkualitas. Pada intinya apapun metode Anda dalam upaya untuk membuat sebuah blog berkualitas dan populer, artikel yang berkualitas adalah hal utama yang harus Anda dahulukan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua.






Advertisement
 

Start typing and press Enter to search